Saturday, September 29, 2012

Setiap Kejadian Ada Hikmahnya... :)

Kemarin, gue pengen banget nonton Bandung Air Show 2012, yaitu event yang diselenggarain dalam rangka perayaan HUT Kota Bandung ke 202 (tgl 25 September 2012). BAS ini berlangsung di Lanud Husein Sastranegara dari tanggal 27-30 September. Gue pengeeeeeeeeeennnnn banget lihat atraksi-atraksi pesawat terbang yang kata orang tuh keren, bagus, pokonya mantep gitu lah. Emang sih, waktu pertama kali gue liat spanduk kegiatannya di pasang di pinggir jalan, gue udah tertarik dan penasaran. Aaaaaa... "Semoga gue bisa nonton.." batin gue.

really want to see this :(

Tanggal 27 September pun dateng. Waktu gue lagi belajar di kampus (jaraknya nggak terlalu jauh dari lanud), kita sekelas pada ngedenger bunyi gemuruh-gemuruh gitu. Gue, Yudan, sama Ucu pergi keluar kelas. Kita sih aware kalo itu pesawat-pesawat yg lagi atraksi di lanud. Kita berharap kita bisa liat lewat lapangan kampus. Kali aja keliatan. Nggak taunya, pas kita udah keluar lari2 ke lapangan (ijin ke dosen hanya untuk lihat pesawat terbang -_-) bunyinya udah berhenti, dan kita nggak liat apa-apa. Huh...


Di hari yang sama, gue pergi ke Sabuga buat ketemu sama kakak gue yang lagi wisuda. (Congratz, Sist! Finally you really make it! ^_^) Gue kesana sengaja lewat lanud pake motor bareng seorang pria yang dengan senang hati mengantar gue kemanapun gue mau pergi (baca:tukang ojeg). Dan waktu lewat lanud, gue cuma bisa liat kerumunan orang, tukang jualan dimana-mana, dan nggak ada atraksi sama sekali. Mungkin emang lagi istirahat kali. Akhirnya gue batal lagi liat atraksinya.

Besoknya, gue masih berharap bisa pergi nonton air show. Ternyata, jadwal gue udah padet banget. Toefl, kuliah, ngewawancara mahasiswa baru, beresin kosan, siap-siap buat acara perpisahan kakak tingkat hari Sabtu.. Dan gue pun nggak jadi lihat lagi.

Hari Jum'at malem, gue OL facebook. Ternyata, nggak disangka-sangka, Aldona ngajak gue nonton BAS. Aaaaaaaaaa, gue excited banget. Akhirnya there's a chance for me. :D Tapi, gue inget. Paginya tuh gue udah janjian sama Ucu, temen kosan gue buat berangkat bareng ke acara inagurasi. Gue sms Ucu kalo gue mau pergi bareng Dona, eh, Ucunya malah sedih gitu, dia jadi nggak ada temen pergi bareng. Duh, gue jadi mikir lagi. Padahal, kalo gue pergi sama Dona, gue kan bisa naik motor bareng dia, bisa nonton air shownya pula.:(

Akhirnya setelah gue cerita sama Ibu gue tentang kegalauan ini, Ibu nyuruh gue berangkat aja bareng Ucu. Kan udah janji duluan gitu soalnya. And finally gue mutusin untuk pergi bareng Ucu, dan gue minta abis pulang dari acara inagurasi nanti, kita harus nonton air show. Untungnya ada Widi, temen gue satu lagi yang mau nganterin gue nonton ntar. :)

Waktu kita mau pulang jam 1, acaranya ternyata belum selesai. Akhirnya kita pulangnya jam 4 sore. Dan kita nggak jadi lagi nonton air show. T_T

Pulang ke rumah, gue dapet berita dari TV, kalo ada kecelakaan pesawat di lanud. Jadi waktu pesawat Cesna akrobat gitu di udara, tiba-tiba pesawat itu oleng, dan jatuh terbakar. Dua pilotnya pun meninggal dunia. Gue jadi inget cerita adik kelas gue, waktu tahun BAS sebelumnya (kalo ga salah taun 2010), ada juga pesawat yg kecelakaan waktu lagi akrobat. Dan serpihan pesawatnya sempat melukai penonton yang ada disitu. 

berita dari republika online.

Yaa Allah, gue sih mikirnya, "Alhamdulillah, gue nggak jadi kesana.." Mungkin kalo gue maksain buat pergi, bakal ada cerita lain. Tau deh. Apapun itu, yang penting hati gue emang sebenernya udah nggak enak waktu mau pergi kesana. Karena nafsu mau pergi, ya gue jadi ngebet banget...

Entahlah, yang gue rasain sekarang adalah rasa syukur. Absurd. Tapi hati gue sekarang lebih tenang daripada sebelum gue mau pergi ke BAS itu. Tapi tetep, gue turut berduka cita atas meninggalnya dua pilot di kecelakaan itu. Yaa Allah, ampunilah dosa mereka, dan terimalah amal ibadah mereka di sisi-MU, Aamiin.. :'(

Hopefully, I still can watch it next year, atau kalo ada event ginian lagi kapanpun dimanapun. Hehe. Dan makasih Ucu, sebagai temen kosan yang udah bikin gue nggak jadi nonton saat itu. Hehe :D 

So temen-temen, the moral lesson is.. Setiap kejadian itu ada hikmahnya. :)

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah Mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui..." (QS. Al Baqarah:216)


56 comments:

  1. blognya bagus ... lucu :D

    yah kita doakan saja yang sudah meninggal itu agar diterima disisi-Nya ..
    Amminn ...
    Ohya, aku tinggal di Jakarta, dan belum pernah sama sekali nonton Air Show. Haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ndra :D
      hayu atuh ke bandung liat air show taun depan (kalo ada lagi)
      :D

      Delete
  2. suatu renungan bgi saya.

    memang benar stiap kejadian pasti ada hikmahnya bagi orang mengetahuinya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..
      semoga kita semua termasuk orang yang mampu memahaminya :)

      Delete
  3. makasih udah berkunjung ke blog aku .

    ReplyDelete
  4. segalanya telah diatur oleh Allah. berasa beruntung, dan bersyukur tak menonton acara itu, dan memang Allah menghendaki demikian bukan?

    dan ke depan, menurut saya, sebaiknya memang acara yang ada atraksi udaranya begitu, mending dihindari aja Mbak. nggak banyak tingkat puasnya, tapi malah banyak resikonya. iya kan?

    saya ikut bersyukur atas hikmah yang ada ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi sebenernya saya masih penasaran Mas..
      hehe
      kejadian kali ini bener2 berhikmah banget buat saya
      :)

      Delete
  5. semua memang bisa dilihat dari dua sisi ya... tapi semoga hikmahnya bisa diambil.

    padahal acara itu bagus banget ya.. saya juga mau lihat acara air show seperti itu... semoga nanti kalau sudah nonton bisa ditulis disini ya.. salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua hal seperti dua mata uang yang berbeda ya..
      hehe
      sini atuh main ke bandung kalo mau liat mah..
      :)
      salam kenal juga..
      :D

      Delete
  6. bisa di jadikan perenungan,,,
    mengingatkan yang lupa memberi tahu yang belum tahu
    tentang rahasia yang Tuhan berikan sebagai nikmat kepada umat nya,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali itu Arii..:)
      Tuhan emang selalu punya rencana ynag sangat indah buat semua umat-Nya..
      :D

      Delete
  7. 2010 Kemaren juga ada kecelakaan..

    bener2 harus di jadiin pelajaran sama pilot2, biar lebih hati2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuulll...
      tapi padahal kayanya pilotnya udah pada latihan semaksimal mungkin ya...

      Delete
  8. yang baik menurut kita belum tentu menurut Allah ya

    ReplyDelete
  9. Blognya cantik sekali, Sri. Tulisan kamu pun menuai inspiratif, banyak maknanya. Semoga kita senantiasa menjadi hamba-hamba yang selalu mensyukuri nikmatNya. Amin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, seriusan?
      nggak berlebihan itu Ni, mujinya?
      hehe
      Makasih ya :)
      Iyaa, Aamiin :)

      Delete
  10. salam kenal
    Pertama kalinya jejak di blog sriii

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal.
      sering-sering main kesini atuh yaaa
      :D

      Delete
  11. kasian ya... pilotnya meninggal gara2 akrobat doang di udara... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah, kalo niat pilotnya ikhlas, dan bener..
      dia dapet tempat terindah di sisi Allah Swt..
      semoga keluarga yg ditinggalkan mendapat ketabahan,
      Aamiin
      :)

      Delete
  12. hai Srii...
    kebeneran waktu kejadian aku lagi disana lho...

    Langsung panik dan ngibrit pulang deh...
    Rada parno juga...

    Mudah2an gak ada kejadian lagi deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah?
      seriusan mbak??
      Duuh, Alhamdulillah nggak kenapa-kenapa..
      serem ya Mbak pastinya?
      Semoga kejadian seperti ini gak terulang lgi ya
      :'(

      Delete
  13. Nice blog.. kunjungan pertama.. Salam kenal ya dari Sulawesi...

    ReplyDelete
  14. oh iya.. aku follow diarynya ya..?? follow back and keep blogging...

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleeh..
      just wait and see yaaa..
      segera meluncur :D

      Delete
  15. wow.

    kadang yang kita inginkan memang bukan yang terbaik untuk kita. yang begini ini nihh contohnya.

    Kalo jadi pergi mungkin2 aja terjadi yang gak diinginkan yaa..

    P.S.
    Jadi inget film Final Destination....
    :'(

    *parno sendiri*

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaaa itu mah emang film bikin parno.
      dari yg pertama sampe kelima..
      tapi bikin kita yakin juga, kalo ajal emang udah ditentuin oleh Allah Swt.
      kalo belum waktunya mati, ya nggak akan mati.
      tapi kalo udah tiba saatnya, ya nggak akan ada yg bia memundurkannya walau sesaat...
      hheu.
      :)

      Delete
  16. semoga keluarga yang ditinggalkan bisa bersabar... :)
    iya.. pasti ada hikmah atas segala sesuatu..

    kalau kamu jadi nonton, mungkin kamu sekarang masih trauma ya melihat kejadian yang mengerikan.. untung saja tidak jadi... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener Mas..
      semoga keluarga yg ditinggalkan diberi kesabaran ya..
      Aamiin Yaa Allah.. :'(

      Delete
  17. Wow, blog kamu manis sekali. Begitu pula tulisannya penuh inspirasi untuk senntiasa memetik hikmah dan berpikir positif. Salam ukhwah, Srii. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Isni...
      kamu sampe komen dua kali gitu dgn kalimat yg hampir sama.
      hehe.
      makasiiihh :D

      Delete
  18. segalanya sudah dituliskan dan tinggal menjalaninya..
    dan biarkan berjalan seperti sebuah kejutan..
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berharap semua kejutan itu berakhir dengan kebahagiaan..
      :)

      Delete
  19. Tuhan selalu tau yang lebih baik untuk kita :)

    ReplyDelete
  20. iye tuh, bisa juga ya beruntung karena ga jadi dateng kesana.. didaerah rumahku enak e mbak bisa liat pesawat waktu ultah TNI baru" ini .. hehe
    tapi g dteng juga si gue .. *malahcurhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya?
      asiiiik tuh.
      kenpaa ga ikut?
      aku pengen banget nonton atraksi gitu sebenernya..
      :'(

      Delete
  21. Iya kak setuju. Setiap kejadian pasti ada hikmahnya :) God knows the best for us :) keep writing ya :D ditunggu kunjungan baliknya :)

    Salam blogger energy

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Nin.
      Allah selalu kasih yg terbaik buat kita.
      yang kita butuhin juga :D
      keep writing juga ya Nin.
      just wait for me :D

      Delete
    2. Iya kaka keceh :3

      Tahun depan kalo nonoton itu aku diajak ya :D salam kenal

      Delete
  22. gede banget banner blogger energynya, semangat banget nih kayaknya.
    Selamat bergabung ya..

    bener, serunyam apapun masalah, pasti ada hikmahnya, itu bisa dibilang bukan masalah tapi proses pendewasaan biar kedepannya kita ga ulangi lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah haha iya, baru nyadar.
      kemarin masangnya buru-buru euy.
      sekarang udah "pas" ditaro di samping...
      hihi
      aku pun semakin dewasa seiring berjalannya waktu dan banyaknya masalah yang menghampiri..
      hhe

      Delete
  23. everything happen for a reason :)
    percaya atau enggak, semua memang ada hikmahnya..
    salam kenal yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, that's true.
      :D
      a beautiful reason, right?
      salam kenal juga, Yan :D

      Delete
  24. bener ya .. kita gak bisa menyalahkan keadaan yg membuat kita gak bisa meng iya kan kenginanan kita ... semua pasti ada hikmah nya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup.
      karena sesuatu terjadi bukan untuk disalahkan..
      sesuatu terjadi untuk diambil hikmahnya.
      :D

      Delete
  25. akhirnya nemukan artikel mengambil hikmah dari setiap kejadian. trims

    ReplyDelete
  26. yap setiap kejadian itu pasti ada hikmahnya

    ReplyDelete