Tuesday, June 5, 2012

PENYULUHAN OH PENYULUHAN...

Wow. Beberapa bulan ini gw ngalamin hal-hal amazing banget! Yang terbaru adalah saat gw harus ngelakuin penyuluhan ke anak kelas 5 SD. :)

Jadi ada matkul Penyuluhan dan Konsultasi Gizi di semester 4 ini, dan tugasnya tuh disuruh ngelakuin penyuluhan di SD. And do you know what??? We have to do it ALONE. Not in team. Individual sekali..

kelas V SDN Pasirkaliki 3 yang super ricuuuhhhh

Pertama kali dikasih tugas ini, gw sama temen-temen biasa aja. Soalnya emang masih lama juga deadline tugasnya.. (kita dikasih tugas sekitar awal Maret). Beberapa minggu kemudian, makin kesini tugas-tugas kita semakin meumpuk, banyak banget... mulai dari masak, bikin perencanaan menu institusi, presentasi ini itu, tugas wawancara ke perusahaan, and many moooooreeeee..

Nah, menjelang H-7 sebelum penyuluhan di SD, kita udah mulai panik. proposal pun belum dibuat. Sebagai penanggung jawab matkul ini, gw ikut deg-degan. Tiap hari selalu aja ada yang nanya, "Sri, proposal teh gimana?" "Sri, aku nggak ngumpulin proposal, tapi langsung penyuluhan ga papa kan?" "Sri, media buat penyuluhan minimal berapa?" "Sri..." "Sri..." "Sriii.....??!!!" Gw udah pengen marah-marah, abisnya banyak banget yang nanya. Satu orang kayak punya sepuluh mulut. Hehehe. Tapi mencoba sabar, gw jawab tuh pertanyaan satu-satu.

H-1, kita semakin sibuk. Ada yang bingung nge-print poster, bikin boneka, semua itu buat media penyuluhan kita. Biayanya nggak tanggung-tanggung, rata-rata satu orang ngabisin 150.000 rupiah buat tugas kali ini. Satu orang lho yaaaa, secawra getcu kita bener-bener sendirian...haha Belum lagi konsumsi untuk anak SDnya. Kalo satu kelas cuman 15 anak dan snack harganya 3000 rupiah sih gapapa. Tapi gimana kalo satu kelas isinya 45 anak dan snack harganya 4000? Waw banget kan???

Karena gw ngerasa nggak mungkin banget gw penyuluhan sendiri, ya udah gw ajakin Ucu, temen gw asal Majalengka buat jadi "sahabat" gw. Tetep sih, yang ngelakuin penyuluhan/ngejelasin ke anak-anak SD tuh gw. Ucu bantuin ngebagiin konsumsi, pre-post test, kuisioner penyuluhan, and take some photos of us. 

Dan..... tibalah hari H. Rata-rata temen-temen gw penyuluhan hari Sabtu, 2 Juni kemarin. Jadi, bisa diperkirakan, untuk sebagian SD di daerah Bandung dan sekitarnya, kemarin adalah hari penyuluhan sedunia persekolahan Bandung. hahaha lebaiii.. :p

JUJUR, gw baru bikin media penyuluhan malem harinya. Subuhnya gw terusin lagi. Mulai dari lembar balik, karton buat kuis, nge print plus fotokopi pre-post test.. Sampe gw lihat fotokopian deket kampus tuh penuuuuuhhhhhh dan ngantriiiii banget. Hebohhhhh..

Oke, balik lagi ke hari H. Gw penyuluhan di kelas 5 SDN Pasirkaliki 3 Gunung Batu, Cimahi. Pas gw kasih penyuuhan, anak-anaknya Alhamdulillah mau ngedengerin, walaupun ada beberapa yang berisik banget.

Puncaknya adalah ketika gw kasih games gitu, Waaaaaaawwwwww ricuuuhhhh.. Itu kelas udah kaya kelasnya bobotoh persib yang lagi kecewa gara-gara wasit nggak adil. Gw belum kasih pertanyaan, udah pada ngacung gitu banyak banget. Ngacungnya sambil teriak-teriak pula. Ada nih ya satu anak cowo berisiiiikkk banget. Mana ngomongnya kasar pula. Ya Allah... tapi emang itu yang bikin rame. Anak-anak yang aktif, berisik, nggak mau diem, malah ada yang mau nangis gara-gara nggak dapet kelompok. Aduh, untung deh bapa gurunya nggak ada di kelas. Kalo ada, gw malah canggung buat penyuluhan. Kalo nggak ada kan , kelas itu jadi milik gw. Hahaha. #nyengirsetan

Well, pokoknya hari Sabtu kemarin itu AMAZING BANGET. Gw super-super excited sama keadaan kali itu. I won't forget about it!!! :D


Oiya, materi yang gw sampein tentang Pentingnya Konsumsi Sayur dan Buah. Penyuluhan mulai dari sekitar jam 10.00, selesai jam 11.12. Tujuh puluh dua menit yang bakalan susah untuk gw lupain. :) Trus nih yaaaa, waktu gw mau foto bareng sama anak-anak SD, gila bangeeettttt kelakuannya pada beringas dan anarkis. Yang cowo-cowo naik ke atas meja. Yang cewe nggak mau kalah, mereka ambil posisi deket-deket sama gue, Yang cowo semakin nggak mau kalah, ada yang naik ke atas meja (gw nya jadi nggak kelihatan di kamera -,-), yang cewek malah naik ke ataspunggung gw. (yang satu ini berlebihan) haha.

Pokonya rameeeeee lhooooo.. Salut deh buat para guru SD. (guru apapun deh pokonya.) Kalian bisa sabar dengan cobaan berat yang menghantam seperti ini.. Semangat ya untuk para guru di manapaun kalian berada... Terimakasih untuk kesabarannya mendidik anak-anak, termasuk saya, hingga jadi makhluk Tuhan yang cantik dan berbakat seperti sekarang ini.. (hohoho) :p

Makasih banget ya Wahai Allah yang selalu kasih hambaMu ini kemudahan... and thanks for my sister. :) Kalo lo ga bantuin gw, ga tau gimana deh penyuluhan kali ini hasilnya. :)

And here we are! :D




they're so unforgettable! walaupun ada yang cerewet abiiissssss....

antusiasme anak-anak bawel saat gw lagi nerangin

masih siap merhatiin dan ngedengerin.. :)
anak-anak waktu dikasih games. mau diliat dari belakang juga, gw tetep cantik kan?  ;)

pesan berantai! :D



gw waktu kasih pertanyaan ke seorang anak. dia sampe berpikir keras gitu ya?

could you see me? hwaaaa gw ketutupaaaannnn...!! -_-"


gw ketutupan lagiiii!!! ricuuuhhh, sampe ada yang naik meja gituuu.. ckckck..


Makasih ya adik-adik... Semoga ilmu yang udah aku kasih, bermanfaat untuk kalian semuaaa...
Jangan lupa makan sayur dan buah setiap hari yaaaaa :)





73 comments:

  1. hahaa, semangat kakak...
    bayangin aja ilmu kakak berguna bagi adek2 tu, dan gara2 penyuluhan yg kk beri hari itu, kehidupan mreka kdepannya bisa berubah dan jauh lebih baik.

    ReplyDelete
  2. lama juga baru update blognya ya Sri

    ReplyDelete
  3. wah hebat hebat kegiatannya nih... kagum banget.. kalau mungkin sudah nyerah tuh ngurusin anak anak itu... hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga nggak kebayang sabarnya guru-guru SD ngadepin bocah-ocah seperti mereka..

      Delete
  4. wah seru yah jadi ibu ibu penyuluhan #eh

    ReplyDelete
  5. bu guru,..hehehey,..meriah banget kak,..:D

    ReplyDelete
  6. itu yang pada baris anak sd lagi ikut games ya, kayak anak STPN yang lagi mau digebukin Sri ..
    hehe
    wow, seru bener pengalamannya ye ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha
      kalo mereka nakal ya ntar saya gebukin deh..
      tapi karena bukan anakku, ya udah diemin aja ;p

      Delete
  7. Menarik banget ini penyuluhannya.

    ReplyDelete
  8. wah kegiatan yang bagus,kaya begini harus dicontoh biar generasi penerus kita makin tambah pintar & bermoral :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..
      kalo bukan tugas kuliah juga kayaknya nggak ada kerjaan banget saya ngelakuin beginian..
      :p

      Delete
  9. Aiihh....teteh guru geulis pisan euy, ikutan sabarr ye nyuluhin mereka :D *jempolll dah*
    mau doongg disuluhin ame teh Sri #eaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha
      nggak kebayang kalo saya jadi gurunya mereka ya..
      nanti kecantikan saya pudar gara-gara marah2 terus.
      #lhooooo :p

      Delete
  10. seru lagi... *smile.., kata org bijak, klo anak kecil aja gk bisa lu atur gmn mau memimpin org2 besar, *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh...
      dalemmmm...
      ok.
      alhamdulillah dengan cucura keringat mereka bisa saya atur bang.
      kalo orang2 besar saya pimpin, mungkin akan bercucuran darah juga ya..
      hehe

      Delete
  11. wah liat anak2 SD gni jadi ingat waktu KKN bulan yg lalu

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. iya, yang penyuluhnya juga lucu kan?
      #maksa
      haha

      Delete
  13. Saya suka sama gambar2nya de :)

    ReplyDelete
  14. Sepertinya mengasikkan meliat murid2 yang heboh.. semoga mereka makan sayur dan buah setiap hari.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      hehe..
      semoga mereka mengerti apa yang saya katakan..
      :p

      Delete
  15. saya jadi inget masa - masa KKN dulu... betul2 menyenangkan bersama anak2 kecil.. !

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa...
      anak-anak tuh emang ngegemesssyyyiiinnn..
      walaupun bandelnya udah kayak apa..
      tetep seru yaa..
      :D

      Delete
  16. lucu yah anak2 padahal mereka blm tentu lihat hasil fotonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mau saya kasih kok ke sekolahnya..
      #niatnyaaa

      Delete
  17. sayangnya di ITS udah ga ada KKN lagi
    padahal menyenangkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaahh...
      ga ada lagi?
      gimana kalo ngelakuin praktek sendiri aja?
      hehe

      Delete
  18. Haha, Sri kayaknya kamu lebih pantes jadi gurunya deh. Euuh... Makanya Sri besok-besok jangan ulur-ulur waktu begitu, kan jadi repot sendiri kan. Tapi alhamdulillah yah sukses penyuluhannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha
      iyaa, kan sibuk wury..
      hehe
      nggak ada waktu banyak buat persiapan
      :p
      iyah, alhamdulillah.. :)

      Delete
  19. assalamu'alaikum ukhti ku sayang... seru yah bisa ngeliat mereka bersama dengnmu.
    ukht coba kurangi aplikasi blog kamu deh. ini dikomputerku CPUnya nguing2 melulu. heheh cz berat bgd kebaynkan aplikasi jadi lola say..
    saran dari smoga bisa diterima makash.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiiihh haha.
      keberatan gitu ya mbak?
      padahal nggak banyak amat mbak,
      semoga CPUnya baik-baik saja, xD

      Delete
  20. harus ekstra sabar, yaa hdpin anak2..hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuull..
      walaupun lucu, tapi kalo nybelin jadi pengen ngebantiiing.
      haha

      Delete
  21. penyuluhan di SD itu memang paling rame dan paling heboooh,,,hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget teh.
      cieeee kangen yah penyuluhan lagi?
      hehe :p

      Delete
  22. you look appropriate to be a teacher! salute to you because you can handle those kids who look naughty ;p xx



    Letters To Juliet

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha
      is this a compliment? :p
      thx anyway
      those kids are more than naughty xD

      Delete
  23. konsumsi sayur dan buah memang harus digalakkan sejak usia dini....btw-foto-fotonya rame banget suasananya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, biar keep healthy dan tubuh nggak kering kerontang kayak daun musim gugur hehe
      tingkat keramaian di foto memiliki skala 1:7500000 dari aslinya kak :p

      Delete
  24. Ya ampun, sesuatu banget Sri! itu kelas apa lapangan jingkrak2an semua? wkekeke

    ReplyDelete
    Replies
    1. muahahahah
      itu kapal pecah, anak-anaknya labil semuaaa
      :p

      Delete
  25. asiiik berbagi ilmu
    bukannya berkurang, malah bertambah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, insyaAllah ^^
      semoga bermmanfaat dan mereka selalu ingat, Aamiin

      Delete
  26. waaahh.. asyik nya ya kak.. pengalaman baru pasti seru.. kalau penyuluhan sama anak sd ya kayak gitu.. extra sabaaaarr.. tapi pasti jd pengalaman yg berkesan ya kak hihiii... asyiikk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. extra sabar aja nggak cukup kayanya.
      harus pandai berdo'a agar mereka bisa diam. haha
      :p

      Delete
  27. ngasih penyuluhan itu sebuah tantang ya gak? :D
    apa kabar sri? maaf ya baru balas berkunjung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tantangan yang sangat besar.
      kalo berhasil ngelewatin, kayanya dapet hadiah jalan-jalan ke singapore satu minggu full deh, haha
      baik-baik aja, :D
      iyaaa santai ajaaa :)

      Delete
  28. Wah, pasti harus must be patient tuh ukh? Hehe, tapi alhamdulillah ya mb, Allah telah memberi kelancaran pas penyuluhannya mbak Sri :)
    Seru tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa mbak,
      Alhamdulillah..
      Allah emang Maha Baik :D

      Delete
  29. berbagi Kata Kata Motivasi
    Orang hadir di hidupmu karena sebuah alasan. Mereka berimu bahagia dan kecewa. Ada yg sesaat, tapi ada yg selamanya,
    semoga bermanfaat dapat di terima dan salam kenal sukses selalu dan ku tunggu kunjungan baliknya ya :D

    ReplyDelete
  30. kalo anak anak TK gimana ya Tante???
    sebentar lagi Dija mau masuk PAUD

    ReplyDelete
  31. hhmm selamat yah kk..
    3 minggu k depan aku yg ditugasin penyuluhan tentang pentingnya mengkonsumsi buah juga kaka,, hhehe
    moga2 bisa berhasil kayak kakak.. :)

    ReplyDelete
  32. nggak kebayang ya kalau jadi guru SD. harus menghadapi mereka tiap hari, hehe

    ReplyDelete