Thursday, August 29, 2013

KURANG TEPAT: NAWARIN MLM PRODUK NUTRISI KE AHLI GIZI :P

Kemarin gue jalan-jalan ke Lotte Mart Bandung. Jadi ceritanya, sambil nungguin temen gue audisi AFI 2013, gue muter2 di mall, menyusuri lantai G (or 1st floor ya? lupa.) Disitu gue ditawarin seorang wanita (looks like 55 years old) buat cek kesehatan gratis. Gw tanya, "cek apa aja, Ibu?" "Cek berat badan, masa lemak tubuh, banyak Mbak.. gratis.." Mendengar kata yang terakhir, gue langsung semangat. Lumayan juga gratisan. Gue juga belum cek berat badan seminggu terakhir. And I said Yes,,

Abis periksa, mulai lah Ibu itu mengeluarkan jurus MLM nya. Dimulai dari jelasin hasil tes, trus beliau mulai nawarin yang namanya suplemen Nutri****.

Jadi lemak tubuh gue kelebihan 3 angka dari standar, so kayanya kesempatan Ibu banget buat mempengaruhi gue. Ooemjiii alat apa itu? Gue langsung pengen bakar alat itu gara2 bilang lemak tubuh gue "over"!!! >:(

Jujur ya, gue ikutan cek ini emang nggak ada maksud jadi member, banter-banter ya sharing tentang kesehatan sama sang 'reteller'. Mungkin aja ilmu tentang gizi atau kesehatan gue bisa nambah. 

Eh... ternyata beberapa hal (yang bikin gue senyam-senyum sendiri dalam hati) dilakuin oleh Ibu itu. Apa coba apa hayo?

1. Bilang kalo kebutuhan kalori gue sehari 1956 kkal

Kenyataannya, setelah gue hitung sendiri pake rumus Harris Bennedict (ini rumus buat ngitung kebutuhan kalori/orang/hari. Rumus ini dipake buat orang sehat/normal), ternyata nggak segitu kok.
Nih ya..
Rumus buat perempuan: 655+9,6(BB)+(1,8XTB)-(4,7xU)
Masukin BB, TB, sama umurnya.
655+(9,6x47,9)+(1,8x150)-(4,7x20) = 1290,84 kkal
Kaliin faktor aktivitas gue (sedang) yaitu 1,7 (ini udah ketetapan rumusnya)
Jadi, 1290,84x1,7 = 2194,428 kkal. Kebutuhan kalori gue sehari bukan 1956 kkal.

2. Bilang kalo energi dalam satu piring nasi uduk 680 kkal.

Lho, kata siapa? Nilai kalori sebuah hidangan itu bergantung banget sama berapa besar porsi hidangannya. Disini gambar nasi uduknya aja pecah. Nggak jelas apa aja isi di dalemnya, Apa ada daging ayam, telur, atau daging lain? Telurnya diapain? Bentuknya kecil-kecil atau iris-iris panjang? Ada kerupuknya nggak? Kerupuknya seberapa?

Makanya gue senyam-senyum sendiri. Ibunya juga nyuruh gue bayangin gimana kalo gue makan 3x sehari. Berarti gue udah mengkonsumsi 2040 kkal. Belum lagi ditambah cemilan.. Hey, apa tiap hari gue makan pake nasi uduk? >:(


3. Apa yang disampaikan nggak sesuai sama yang tertulis di produk,

Ada satu produk teh, dengan label yang sama. Ibu itu bilang, "Ini cocok diminum siapa aja. Anak kecil sampai dewasa.." Terus, gue pastiin dengan baca label di produk tersebut.
Disana tertulis banget dengan jelas, "Not recommended for infant, pregnant..." Gue tanya lagi sama ibunya, "Kalo buat ibu hamil boleh nggak, Bu?" dan Ibunya bilang, "Oh, boleh kok.. Ibu hamil juga boleh..." 
Nah lho! Siapa yang bener??!

Itulah beberapa hal yang bikin gue "Ckckck" sendiri.. Pelajarannya sih, kita harus hati-hati dalam bekerja. Apalagi dalam bidang reteller seperti ini. Alangkah (sangat) baiknya kalo kita tanya dulu latar belakang klien kita. Termasuk pendidikannya.
Gue sih emang sengaja nggak bilang kalo gue lulusan Gizi Poltekkes Bandung. Ya Ibunya nggak nanya sih. Coba kalo ibu itu tau.. Gue nggak tega kalo ini terjadi. Pati kariernya akan dipertanyakan..

Reteller: (Setelah bercuap panjang lebar tentang MLM dan gizinya..)"Neng masih kuliah?"
Gue: "Enggak Bu, baru aja lulus tanggal 16 Agustus kemarin.."
Reteller: "Oh, kuliah dimana?"
Gue: "Poltekkes Bandung, Bu.."
Reteller mulai deg-degan karena baru aja dia komunikasi sama fresh graduated politeknik kesehatan..
Reteller: "Hmm, jurusan apa, Neng?"
Gue: :Gizi, Bu.."

Bisa dibayangin mungkin sang reteller langsung jleb dan ragu apa yang disampaikannya sesuai apa enggak sama ilmu yang didapat oleh perempuan (sangat) manis di depannya.

Mungkin Ibu itu bilang, "Oemjiii.. Kenapa lo nggak bilang dari tadi, Neng? Kalo tau gitu gue males jelasin sama orang yang udah ngerti! Tenggelamkan aku sekarang, Ya Tuhan..." Atau Ibunya berpura-pura semuanya baik-baik saja dan memalingkan pembicaraan, "Oh, dari Gizi. Hohoho.. Oh iya kemarin nonton liputan pernikahannya Rio Dewanto sama Atiqah nggak?" Hahaha...

Ok, semoga bisa diambil pelajaran ya Blogger. Everything happens for a reason, right? :D

40 comments:

  1. namanya juga usaha, begitulah kalau marketing mencari rejeki mbak :-)

    ReplyDelete
  2. Memang seorang yang menawarkan suatu produk tertentu kepada konsumen secara langsung tersebut membutuhkan 'bekal yang cukup' termasuk perihal produk yang ditawarkan. Teori praktis kaitan dengan produk yang ditawarkan harus dikuasai dengan matang. Disamping itu teori tersebut hendaknya yang paling terbaru dan diakui oleh lembaga yang berkompeten. Bila yang digunakan referensi lama misalnya, akan 'menyusahkan' diri sendiri lebih-lebih bila yang dihadapi ahli gizi. Masukan yang bagus utamanya bagi member MLM yang menawarkan produknya langsung kepada publik. Terlepas dari apapun saya salut dengan ibu tersebut di usia yang 'sangat matang' masih energik mencari nafkah untuk diri dan keluarganya. Saya sarankan ibu tersebut untuk belajar lebih intens tentang ilmu gizi sehingga menjadi semakin mantap. Terima kasih sharingnya yang menarik. Salam cemerlang !

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ciye masnya malah perhatian sama ibunya.
      :p
      semoga ibunya baca ya biar bisa instropeksi :)

      Delete
  3. Heheheeee saya terkekeh membacanya Mbk.

    Mungkin reteller itu langsung bersemedi untuk memperdalam ilmunya.

    Terimakasih sudah berkunjung ke Blog saya.

    Saya follow blognya.

    Salam persahabatan dari Kota Jember.

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung bersemedi di gua Hira kayanya.
      hehe salam pertemanan juga dari bandung Mas :)

      Delete
  4. sama ngikiknya dengan aku baca jurnal jurnal kontes promo produk tertentu di blog. keliatannya keren begitu ditanya detil jawabannya ngaco. ditanya terus malah ngambek dan komenku dihapus. hahaha...

    tapi biarin lah namanya juga lagi usaha
    asal jangan ditawarin ml tanpa m aja dah...
    *sambit panci

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha wah langsung dihapus/
      ckck ga mau ngaku salah ya berarti orangnya :D
      wah ngomongnya.. :p

      Delete
  5. Kalo rumus BBI cwo-cwe sama gk ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda say..
      kalo mau tau lebih lanjut bs hubungi twitter ya :)

      Delete
  6. berkunjung...semoga yang punya blog ini, dalam keadaan baek2 saja.

    ReplyDelete
  7. hi..hi.. kena dech lo..wkk.wkk..

    ReplyDelete
  8. yang begitu sudah biasa deh. sekarang emang lagi jamannya orang sotoy haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah haha iya.
      harusnya pikir dulu ya sblum berbicara
      :p

      Delete
  9. hehe.. kisah yg menarik.. memang terkadang orang sok tahu akan sesuatu.. tapi yg lebih tahu adalah ahlinya, kayak mbaknya ^^

    ReplyDelete
  10. Mkin yg menawarkan produk tu harusnya bertapa dulu bak biar ilmunya banyak :)
    Biar kagak malu" in :)
    Baca aja senyum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bertapa 10 hari 10 malam di gunung puntang kayanya bagus ya
      :D

      Delete
  11. Hahaha. Kocak banget ceritanya... MLM itu emang sesat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, ga sesat juga kali ya :p
      mungkin butuh lebih banyak pendalaman dan pengalaman kali
      :D

      Delete
  12. Hahahaha.. sotoy bener. Soal suplemen itu mah cocok-cocokan kali, fit buat orang lain belum tentu buat kita. Kadang ada yang makannya banyak tapi susah banget gemuknya atau ada juga yang makan banyakan dikit gampang melarnya. Suruh si ibu itu jadi blogger deh biar bisa nambah temen nambah wawasan. Eh tapi jangan maksa ngeprospek ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe betul. kan tergantung kondisi klien jujga ya Mbak.
      Iya sempet mikir jangan2 ibunya punya blog tapi udh ga aktif.
      hehe

      Delete
  13. wkwkwk, parah!! btw, thanks mbak rumusnya buat ngitung kalori. ^^

    ReplyDelete
  14. hahaha, apapun pasti dilakukan sales. Makanya, calon konsumen harus lebih waspada.. hehehe

    ReplyDelete
  15. jadi inget waktu alvin masih bayi, aku ditawari susu formula yang kelebihannya macem2, lansgung aja ditolak mbak asi lebih baik hehehe. Maaf ya sri baru bisa mampir kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mama cal-vin emang mama yang cerdas.
      Harus hati2 ya Bun.
      Kadang salesnya sendiri yg kurang ngerti
      :)

      Delete
  16. Pastinya orangnya itu udah ngumpat-ngumpat serapah ama mbak di dalam hatinya tu.. wuahahaha

    ReplyDelete
  17. meskipun begitu MLM gak semuanya buruk ko mbak, cara promosinya aja yang beda-beda.. hehe sangat menghibur mbak ceritanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes I know.
      temen sy juga ada MLM tapi sukses lho.
      Hehe
      Senang bisa menghibur
      :)

      Delete
  18. Wah... lulusan n ahli gizi kok di tantang hahahha
    tapi ceritanya lucu juga Sri
    ya itulah namanya marketing. segala upaya dikerahkan spy konsumen membeli produknya hehe

    ReplyDelete