Saturday, January 14, 2012

Ngitung BB Ideal dan Indeks Masa Tubuh

Assalamu'alaikum..

Minggu ini adalah minggu ke-2 UAS gw. Mohon doanya ya teman-temanku tersayang semuanya.. Semoga Allah selalu ngasih kemudahan buat UAS gw..
*smg IP gw naik, Aamiin, hehe.
Oiya, buat kalian yang lagi UAS ato ujian juga, semoga nilainya ntar memuaskan yaaa :D FIGHTING!

Di post kali ini pengen berbagi aja tentang gimana cara ngitung berat badan ideal plus IMT kita. Materi ini gw dapet di semester pertama kuliah. :D Semoga bermanfaat..


1st Lesson: Ngitung BB ideal kita

Setiap orang pasti punya BB (berat badan) ato TB (tinggi badan) masing-masing. *ya eaalah sriiii* Tapi mungkin ada sebagian orang yang ngerasa BB or TBnya kurang atau bahkan lebih. Kalo yang BBnya kurang, mereka pengen nambahin BBnya. Kalo yang lebih, mungkin mereka juga nyari cara buat nguranginnya. Intinya, kita pengen sesuatu yang ideal. Nggak lebih, nggak kurang. Bukan cuma berat badan mungkin, tapi hal lainnya. Ideal itu baik. :) Karena lagi ngomongin BB, so, the question is, apa BB kita udah ideal?

Caranya gampang banget. Ini materi yg gw dapet di matkul Ilmu Gizi Dasar, semester 1 kemarin.

BB ideal: ( TB-100) - [10% (TB-100)]

Misalnya:
Tinggi badan gw 150 cm, jadi BBI gw:
= (150-100) - [10% (150-100)]
= 50 - [10% (50)]
= 50 - 5
= 45 kg
Jadi, dengan tinggi 150 cm, berat badan gw harusnya 45 kg.

Mungkin ada beberapa rumus lainnya yang bs dipake bwt ngukur BBI dan beredar di masyarakat luar sana, tapi inilah yg gw dapetin di kampus Gizi gw.. :)

2nd Lesson: Menghitung IMT kita

IMT atau indeks masa tubuh, (in english: BMI (Body Mass Index) digunain untuk mengetahui apakah kita tergolong kurus, normal, atau gemuk.

IMT =     BB (kg)   
                [TB(m)]2

Tabel kategori:


IMT
Klasifikasi
< 17,0
Sangat kurus
17,0 – 18,5
Kurus
>18,5 – 24,9
Normal
25,0 – 29,9
Pre Obese
30,0 – 34,9
Obesitas I
35,0 – 39,9
Obesitas II
≥ 40,0
Obesitas III


Misalnya:
BB gw 45 kg, TB gw 150 cm (1,5 m). IMT gw:

    45        =     20 (IMT gw termasuk normal.. :D)
  [1,5]2

Nah, itu dia teman-teman ilmu yang bisa gw share sekarang...
Semoga bermanfaat yaaaa, ayo dihitung.. :)
Nantikan ilmu2 selanjutnyaaaaa :D

*Eh numpang eksis..  Ini foto-foto kita sebelum praktek masak. Nggak cuman enak, tapi bergizi pastinya. ;)







Doakan kami bisa jadi ahli gizi Indonesia yang bener2 punya kompeten yaaa,,, hehe. 







    



39 comments:

  1. Hehe, saya bingung, apakah Sri yang punya blog ini sama dengan Sri yang punya blog itu?

    Namanya sama lho, Sri Wijayanti. Bedanya satu di blogspot satu di wordpress. :D

    Dan waktu Sri komentar di blog saya, alamat blog yang Sri tulis, srisrisriwijayanti.blogspot.com gak bisa diakses. :(

    ReplyDelete
  2. Ngomong2 kopdar minggu depan, kalo mau ikutan silakan ajaaaa! :D

    Ini terbuka untuk semua blogger! :D Asal di Bandung sih. Hihi...

    Saya juga bingung, apa di ciwalk aja ya? Boleh sih, tapi kalo tanggal 21 hari sabtu jangan pagi atau siang, ada blogger lain yang masih kerja. :)

    Jadi, apa Sri punya ide lain di mana tempatnya dan hari apa?

    Saya bukan orang asli Bandung, saya orang perantauan. Dan semua rekan blogger di sini pada terserah saya mau di mana lokasinya. >.<"

    ReplyDelete
  3. Aku ngak ngerti nigh maslh Kurs yg berbau Statistik.
    tp infonya bagus, blognya juga bgus banyak Uneq-uniqnya
    Salam Kenal..

    Lanjut berkarya!

    ReplyDelete
  4. Woo.. Aku masuk Pre Obest..
    :((

    Hadeeeehh..
    kegendutan gara" liburan :)

    ReplyDelete
  5. pantes ya kalo pelajar di bidang kedokteran rata2 tuh enak dilihat :D

    ReplyDelete
  6. @Muhammad: berapa hayo? ayo diitung. cuma butuh BB sma TBnya kok kak.. hehe
    @Asop: hmm, kalo yg ketemuan..emang siapa aj yg dari bdg? haha. pada kerja ya? duh kalo hari biasa juga sri gabisa mas, hehe. binun yaaa :p
    @mharjipers: maksih kak.. :D
    @putrie: waaahh... kebanyakan makan tuh.. :p
    gpp, diimbangin aja sm olahraga :D
    @herry: aaiiihhh dipuji :^) hehe

    ReplyDelete
  7. sighhh. last week i accompanied my sister for her gym lessons. and iseng2 ngukur tinggi sm nimbang, dan ternyata underweight. they said i need more muscles :s but i dont find myself too skinny actually. .___. anyway, seems like you had a great time with your friends ;D

    http://mithakomala.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. saya udah makin berat saja. perut udah makin besar, wwkkwkwkwk

    ReplyDelete
  9. saya sih normal, tapi dibatas ambang normal dan kurus gini haha..
    tips yang menarik, mbak..

    ReplyDelete
  10. ane tinggi : 178cm berat 78 kg.
    wah termasuk gemuk :D

    ReplyDelete
  11. saya tinggi 150 berat 50 =.=a
    hehehe
    kunjungan balik yaaaa

    ReplyDelete
  12. semoga anak indonesia gag ada yg kekurangan gizi lagi..palagi sampai busung lapar...

    ReplyDelete
  13. saya ga berani ngitungnya ah.. sudah pasti hasilnya buruk haha

    ReplyDelete
  14. berat badan saya tidak ideal, saya kegemukan T_T

    ReplyDelete
  15. asalamualaikum
    gitu ya ngitung IMT kita
    alhamdulillah saya tergolong normal,jadi tidak kurus tidak gemuk juga.

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillaah, meskipun berat badannya gak ideal, tapi masih dalam batas normal.

    ReplyDelete
  17. alhamduliillah saya normal kagak kurang kagak lebih... tapi wajib periksa kagak ya ??

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah aku masih masuk normal hehehe >.< tp tetep aja merasa gendut :P

    ReplyDelete
  19. Ahli gizi ... wew ... perlu sering bagi ilmu neh ;)

    ReplyDelete
  20. itungin dong hhehehe , udah ngantuk nih males ngitung. besok deh diitungnya btw thx ya kunjungannya

    ReplyDelete
  21. jiaaaaaaaaaaah
    aku tergolong kurus
    wkwkwkwkwkwkkkk

    ReplyDelete
  22. aku jg pernah dikasih rumusan kaya gtuu :D
    btw, kayaknya aku tergolong gendut deh.. atau, itungannya yg salah? pasti itungannya yg salah #maksa

    ReplyDelete
  23. wah kayaknya aku kegemukan nih..
    kalo gitu ditunggu posting cara menurunkan berat badan, hehe,.

    ReplyDelete
  24. ternyata tidak terlalu susah ya :D
    have a nice day deh ^^

    ReplyDelete
  25. wah, berarti aku masih terlalu kuyus ya? padahal secara visual udah gagah-merdeka, hahaha...
    semoga jadi ahli gizi yg baik, ya... amen :)

    ReplyDelete
  26. saya pernah tuh dpt pelajaran kayak gitu. wkt SMA :)

    ReplyDelete
  27. nice info kak :D
    dulu waktu SD (kalo gak salah) diajarin buat ngitung BB idelanya masa' tinggi badan - 110 (?) u,u
    aku gak uideal :p *duuh curhat

    ReplyDelete
  28. hmmm...sepertinya tadi pagi saya udah komen disini kok ngga ada yah :)
    sri, itu salah itung ngga yg perhitungan BB ideal, 10% dari 50 bukannya 5 ya? jadi BB kamu udah ideal 45 kg :)

    ReplyDelete
  29. @mitha: i think u r a foreign haha :p
    banyakin makan daging aja mit.. :D
    and yes, i love my friends a lot :)
    @rusydi: yg penting sehat mas :0
    @Rycloth: wah.. tapi gpp kalo masuk normal mah.. :D
    @widhi: and ur ideal weight is 70,2, bro!
    hehe :D
    @ario: jangan kurus2 banget mas, ntar ketiup angin.
    hehe
    @koskakiungu: hihihi gapapa, yg ptg sehat wal'afiat kak :)
    @Youeha: walaupun udah banyak banget, minta doanya aja biar kita bisa ikut ngebantu menuntaskan masalah ini rha. :)
    @jobkolom: lho kenapa? jgn suudzan dulu
    ayo itung.. haha :D
    @musthafa: diimbangin sama olahraga mas.. :D
    @NURA: Alhamdulillah mbak :)
    @Millati: semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  30. @obin: kalo normal ya santai aja mas.. ga perlu diperiksa. dipertahankan saja.. :D
    @Ria: wah mbak.. sugesti ya? hehe :D
    @evy: Aamiin mbak.. do'akan istiqomah yaaa :D
    @Lydia: hahaha yah Bu, nyuruh ngitungin tapi ga kasih data.
    hehe :D
    @KampungKarya: sering2 blogwalking yaa :)
    @attayaya: hahaha ko malah ketawa gitu?
    :p
    @Azrina: hahaha maksaaaaa :p
    @sanman: banyak caranya kak, batasin makanan berlemak, banyakin aktivitas fisik, jalan kaki kalo perlu ke kantor.
    hehe :D

    ReplyDelete
  31. @Ra-Kun: yes, it as so easy! :) Have a nice day too :)
    @mbak indi: wah, Aamiin mbak, aamiin,, makasih mbak indi.. :)
    @thya: iya, dulu juga saya pernah dapet kalo nggak salah pas SMA. hhehe :D
    @auliyong: hmm, kalo nggak salah emang ada yg bilang kayak gitu.
    coba aja cara di atasa yang udah tersertifikasi.
    heheh :D
    @Tiesa: halo kak,,,, hahaha iya bener, saya kok malah nulis 0,5 ya?
    hehe.
    maksih udah dikoreksi kak,, udah saya ganti.. :D

    ReplyDelete
  32. Saya do'akan semoga berhasil, dan apa yg dicita-citakan tercapai jadi ahli gizi. seperti kaka ipar saya.he..

    ReplyDelete
  33. wah, saya hampir melewati normal xixiii

    ReplyDelete
  34. @UrangKampoeng: wah? ahli gizi dimana kak kakak iparnya??? Aamiin, Aamiin, do'akan kami kak! :D
    @Kiowa: sukses juga mbak :D
    @Gusti: hhohoho gapapa... yg ptg jaga kesehatan mas. hehe :D

    ReplyDelete
  35. its verrry good your blog i like it

    ReplyDelete